Rabu, 06 April 2011

Endonesia [bukan] negara AGRARIS



Gara-gara bangun nih kandang, hampir lupa kalau dari sore belum makan. Karena udah didesak cacing-caing yang ada di dalam lambung mau enggak mau harus makan :D. Seperti biasa mau pagi, mau siang apalagi mau malam tempat favorit buat makan cuma nasi telor he...he... (menyesuaikan kantong). Sampai di TKP langsung dah mesen nasi telor sama enggak lupa ES TEH TAWAR he...he..

Disele-sela nunggu pesenan enggak sengaja ngedengar obrolan pemuda harapan bangsa (mahasiswa-red) yang lagi asyik ngobrol sambil diselengi mencumbu mie goreng TANTE (tanpa telor-red). Awal mulanya sih tuh para pemuda ngobrolin kenapa setiap iklan rokok kagak menampilkan model yang sedang ngerokok (menarik juga nih kapan-kapan bisa curhat soal ini he...he..). Terus ujung-ujungnya tuh obralan sampai ke tebak-tebakan negara mana yang terkenal dengan tembakaunya.

Berbagai macam negara dah tuh disebutin para komunitas yang punya previlege lebih (kalau masih kuliah aja, tapi kalau udah lulus terus nganggur habis dah tuh pemuda dicaci maki sama keadaan he...he...). Disela-sela jawaban kagak ketinggalan dong negra tercinta disebutin (Endonesia gitu loch).

Pas pembicaraan soal Endonesia, 1 dantara 2 pemuda bilang Endonesia sampai kapanpun kagak bisa disebut sebagai negara maju soalnya dasarnya Endonesia itu negara Agraris. Beda sama negara maju yang lebih ngedepanin industrinya.

Tuh cerita cuma ane denger sampe itu aja soalnya nasi telor dipiring udah habis he...he... Gara-gara baru punya "kandang" baru pengen banget nulis soal negara Agraris atau bukan kayak yang diobrolin tuh pemuda.

Kalau menurut hasil searching sama om Google negara Agraris itu adalah negara yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Nah kalau disangkut pautin sama obrolan para pemuda tadi, bukan masalah Endonesia sebagian penduduknya petaninya maka kagak bakal bisa jadi negara maju. 


Amerina negaranya om Bama, dulu sebelum segemuk sekarang (maju-red) awalnya adalah negara yang bertumpu sama pertanian, pun sampai hari ini. Nah tuh negara bisa segemuk (maju-red) kayak sekarang karena pertaniannya khususnya budidaya pertaniannya berubah dari pola tradisional ke pola industri. Kagak ada lagi namanya bajak-bajak an atau cangkul-cangkulan pake lebih banyak keringet kayak di Endonesia. Semua pake mesin, serba otomatis dan tenaga kerja bisa lebih sedikit.


Udah gitu tuh Amerina juga ngebangun industri pertaniannya soalnya ada permintaan mesin-mesin pertanian. Selain itu juga karena udah berfikir maju untuk garap hasil-hasil pertanianya biar ada nilai tambah buat hasil pertanian. Ujung-ujungnya petaninya untuk kagak buntung kayak di Endonesia.


Kalau di Endonesia, petaninya bener-bener menghayati sebagai petani. Petani dijadikan objek perasan, jadi udah miskin diperes lagi jadi miskin. Udah lahannya sedikit hasilnya enggak seberapa, akhirnya tuh jadi tambah miskin.  Pernah ada obrolan dikelas, kalau salah satu cara mensejahterahkan petani dengan mengurangi petani, jadinya kepemilikan lahan jadi bisa lebih luas tiap petani. 


Nah, petani yang dikurangi diberdayakan lewat usaha industrialisasi pertanian. Harapannya lewat industri pertanian kesempatan kerja terbuka luas. Dan yang pasti lembaga keuangan mau modalin buat industri pertanian. Jangan cuma properti aja yang mau dimodalin gede-gedean, terus pertanian kagak ada yang berani modalin.


Ya mau kagak mau pemerintah harus pasang badan buat pertanian, udah tau Endonesia potensinya pertanian kok malah pertanian kagak dipikirin. Emang sih petani cuma dipuja dan dimanja kalau pas pemilu/kada aja. Kalu udah lewat, lupa juga tuh para pemimpin. Kabar-kabarnya Endonesia dipimpin doktor sarjana pertanian, kok bisa dari tahun ke tahun petani miskin terus, impor hasil pertanian tambah banyak aja he...he... 


Selain mokusin industrialisasi pertanian adalagi yang bisa dilakuin lewat cara "pewilayahan" sentra pertanian, daerah-daerah yang punya lahan luas dan memungkinkan untuk ditanami lahan pertanian dijadikan sebagai sentra jadi kagak terfokus semua di 1 pulau kayak sekarang. Kalau ini sudah ditentukan tinggal petani didampingi untuk alih teknologi buat maksimalin hasil pertaniannya. Udah saatnya petani didampingi untuk make teknologi yang bisa ningkatin hasil pertaniannya. 


Jadi negara agraris atau negara maju bukan cuma karena dinilai karena Endonesia cuma bisa bertani aja. Tapi Endonesia akan sangat bisa jadi negara maju lewat industrialisasi pertanian (kalau itu bisa digarap dengan baik).


Mungkin itu dulu buat tengah malam ini tar diobrolin lagi ya he...he... mau nonton european champions league dulu he...he...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar